Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

PENCARIAN BIO-KEHATI

Senin, 04 Mei 2009

Perilaku Burung Belibis Oleh Dedy Ramadhany Bio 06 FMIPA UNMUL

Tujuan Pengamatan Prilaku Burung Belibis
- Mempelajari pola-pola tingkah laku dari Burung Belibis dalam waktu yang telah ditentukan.
- Melihat perilaku-perilaku yang sering dilakukan oleh Burung Belibis

Adaptasi Merupakan proses penyesuaian diri makhluk hidup dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Masing-masing individu mempunyai cara yang berbeda dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya, ada yang mengalami perubahan bentuk tubuh (adapatasi Morfologi), ada yang mengalami perubahan proses metabolisme tubuh (adaptasi Fisiologi) dan ada juga yang mengalami perubahan sikap dan tingkah laku (adaptasi tingkah laku). Adapatasi akan dilakukan oleh makhluk hidup bila keadaan lingkungan sekitarnya membahayakan atau tidak menguntungkan bagi dirinya, sehingga perlu untuk menyelamatkan atau mempertahankan kehidupannya.

Tingkah laku adalah tanggapan dari organisme baik secara fisiologis/metabolisme dan tindakan aksi sebagai usaha untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. Sehingga yang melatar belakangi praktikum ini adalah apabila suatu makhluk hidup telah dapat beradaptasi di lingkungan, maka dia mampu membuat suatu pola tingkah laku untuk melangsungkan hidupnya.
Struktur dan Fisiolofi burung diadaptasikan dalam berbagai cara untuk penerbangan yang efisien. Yang paling utama di antara semua ini tentu saja adalah sayap. Meskipun sekarang sayap itu memungkinkan burung terbang jarak jauh untuk mencari makanan yang cocok dan berlimpah, mungkin saja sayap itu dahulu timbul sebagai adaptasi yang membantu mereka meloloskan diri dari pemangsa(Kimball,1983).

Kelangsungan hidup dari makhluk hidup tergantung pada kemampuannya untuk merasakan rangsangan luar dan bereaksi untuk menyesuaikan diri. Reaksi-reaksi terhadap lingkungan dapat terjadi secara fisiologis (perubahan dalam metabolisme tubuh) dan secara prilaku ( mencakup perubahan-perubahan dalam orientsi tubuh atau pola-pola gerakan sederhana)(Mahardjo dkk, 1976).

Tingkah laku khusus merupakan bawaan sejak lahir atau sebagai refleksi karakteristik spesies tersebut, yang tidak berubah dalam proses belajar. Tingkah laku ini tidak akan pernah banyak berubah oleh domestikasi, sedangkan tingkah laku lainnya dapat berubah oleh proses belajar.

Klasifikasi pada Burung Belibis :

Kerajaan :Animalia
Filum :Chordata
Kelas :Aves
Ordo :Anseriformes
Famili :Anatidae
Genus :Dendrocygna
Spesies :Dendrocygna arcuata

Belibis Kembang yang dalam bahasa latin disebut Dendrocygna arcuata adalah sejenis burung yang hidup di air. Warna bulu-bulu kecoklat-coklatan, lehernya agak panjang dan kecil, sedangkan paruh dan kakinya berwarna hitam. Kakinya berselaput renang seperti kaki bebek atau itik. Burung ini tidak saja pandai berenang dengan kaki renangnya, tetapi juga pandai dan kuat terbang jauh. Biasanya burung ini terbang dengan kelompok dengan susunan khusus, sambil mengeluarkan suara seperti siulan. Karena belibis ini pandai bersiul, orang Inggris menyebutnya ”Itik Bersiul”. Belibis jenis ini dikenal sebagai burung pengembara yang suka berpindah-pindah tempat. Kalau sedang berpindah tempat, tak jarang mereka terbang pada malam hari, tinggi di angkasa gelap. Apa maksud mereka terbang di malam hari, hanya mereka yang tahu(Mahardjo dkk, 1976).

Belibis kembang biasa dijumpai mencari mangsa di daerah-daerah tambak dekat pantai, di rawa-rawa dan juga di danau-danau yang terdekat di pegunungan. Makanannya berupa binatang-binatang kecil yang hidup di air, tanaman air dan juga biji-bijian. Pada waktu sepasang Belibis Kembang hendak bertelur, burung ini membuat sarangnya dipermukaan tanah, biasanya di rumputan. Sebuah sarang Belibis Kembang dapat berisi telur sampai sebanyak 9 butir. Anaknya seperti anak-anak itik peliharaan, sehari setelah ditetaskan sudah pandai berenang, beriringan meninggalkan sarang bersama induknya mencari makan(Anonim, 2009).

Belibis Kembang banyak diburu orang karena rasa dagingnya yang memang enak dimakan. Oleh sebab itu jenis binatang ini dikhawatirkan akan punah. Untuk mencagah kepunahannya pemerintah mengeluarkan undang-undang perburuan yang mengatur cara dan ketentuan-ketentuan yang harus ditaati para pemburu di dalam melaksanakan pemburuannya. Daerah penyebaran Belibis Kembang meliputi daerah yang luas mulai dari Indonesia, Philipina sampai ke kepulauan Fiji dan Australia. Belibis Kembang termasuk ke dalam suku Anatidal atau Itik-itikan. Jenis burung-burung Anatidal tidak kurang dari 15 jenis, satu jenis diantaranya yang telah dilindungi oleh undang-undang adalah Cairina scentulata(Mahardjo dkk, 1976).

3.1 Waktu dan tempat

Praktikum ini dilaksanakan pada tanggal 23 April 2009 pada jam 13.00–selesai dengan cuaca Cerah di sangkar pemeliharaan hewan di Kampus FMIPA Univesitas Mulawarman

3.2 Alat dan bahan

Alat-alat

Alat tulis

Stopwatch

Kertas kosong

Bahan

Burung Belibis

3.3 Cara kerja

Dilihat aktifitas burung tersebut dengan teliti .

Dicatat aktifitas burung tersebut baik pada saat terbang, maupun yang lainnya.

Dicatat kegiatan yang dilakukan burung tersebut selama Waktu 30 detik per 120 kegiatan.

Dibuat tabel kegiatan yang dilakukan burung tersebut selama 120 kegiatan.

Dihitung frekuensi tingkah laku dari burung tersebut dengan menggunakan rumus frekuensi tingkah laku

Hasil Pengamatan

Diagram Batang

Pembahasan

Dalam pengamatan burung Belibis, ada beberapa aktivitas yang dilakukannya dari durasi 60 menit, yaitu aktivitas menelisik, istirahat, melihat-lihat, Perpindahan tempat, meminyaki bulu-bulu, serta kegiatan tidur.

Burung Belibis adalah salah satu burung yang memiliki habitat di air, kemampuannya yang dapat berenang di air di sebabkan karena burung belibis termasuk burung yang memiliki kaki berselaput dan jarang untuk melakukan terbang. Saat pengamatan, Persentase mobilitas sangat jarang dilakukan oleh hewan ini seperti dari pernyataan diatas, hewan ini lebih banyak aktif di habitat air. Aktivitas mobilitas di daerah teresterial, hanya digunakan untuk mencari makan dan menghindari lawan, bertelur dan aktivitas lainnya. Pergerakan berjalan sangat lambat, namun sangat cepat saat mencapai air, Sehingga dalam mobilitas dari hewan ini sangat kecil untuk daerah teresterial.

Kegiatan Menelisik (preening) merupakan kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh hewan, khususnya burung. Dengan maksud untuk merapikan kembali susunan atau letak bulu dari burung. Burung belibis juga melakukan aktivitas menelisik dan meminyaki bulu setelah melakukan aktivitas di atas air. Dalam pengamatan, meminyaki bulu tidak banyak dilakukan oleh burung ini dan lebih banyak ke arah menelisik. Merapikan bulu, burung belibis tidak memerlukan banyak minyak, hanya melakukan sesekali sambil merapikan bulunya dengan menggunakan paruhnya pada bagian sayap(remiges), ekor(rectrices), parapterum maupun pada bagian tectrices.

Aktivitas istirahat dan tidur merupakan aktivitas untuk mengembalikan kembali energi yang telah digunakan. Persentase dari keduanya, baik istirahat dan tidur cukup dekat dan besar, yaitu untuk istirahat sebesar 33% dan tidur sebesar 41%. Alasan kenapa persentase kedua aktivitas ini cukup dekat dan mendominasi, Seperti yang kita ketahui, aktivitas tidur seekor burung dapat dilakukan di sela-sela saat dia berdiri maupun saat duduk(bertengger) sehingga lama Tidur pada burung dapat dihitung dalam hitungan detik.

Aktivitas ekploring dapat dikatakan suatu aktifitas untuk mengetahui keadaan alam sekitar dari sang burung, yaitu mendongak ke atas,kesamping maupun kebawah. Dalam pengamatan, burung belibis melakukan aktifitas ini untuk mengamati kegiatan hewan lain yang berada di sekitarnya yang berusaha mengganggunya. Apabila terganggu, hewan ini melakukan penyerangan dengan mengarahkan paruh ke hewan yang mengganggunya sambil mengeluarkan suara. Dengan maksud memberi peringatan pada hewan lain tersebut. Persentase Exploring dan Attacking yang didapat dilapangan sebesar 8 % dan 2 %.


Kesimpulan

Dalam pengamatan burung Belibis, ada beberapa aktivitas yang dilakukannya dari durasi 60 menit dan persentasenya masing-masing, yaitu aktivitas menelisik 14%, istirahat 41%, melihat-lihat 8%, Perpindahan tempat 1%, meminyaki bulu-bulu 1%, serta kegiatan tidur sebanyak 41%.

Aktivitas istirahat dan tidur merupakan aktivitas untuk mengembalikan kembali energi yang telah digunakan. Persentase dari keduanya, baik istirahat dan tidur cukup dekat dan besar, yaitu untuk istirahat sebesar 33% dan tidur sebesar 41%. Alasan kenapa persentase kedua aktivitas ini cukup dekat dan mendominasi, Seperti yang kita ketahui, aktivitas tidur seekor burung dapat dilakukan di sela-sela saat dia berdiri maupun saat duduk(bertengger) sehingga lama Tidur pada burung dapat dihitung dalam hitungan detik.



DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2009. http://wikipedia.co.id/03/2007/burung_belibis_kembang/ diakses pada tanggal 27 april 2009

Kimball, J.1983.Biologi Edisi Kelima Jilid 3. Erlangga : Jakarta

Mahardjo M, dkk. 1976. Burung-burung yang Hidup di Air. PT. Karya Nusantara : Jakarta.


5 komentar:

  1. om ada ngak suara mp3 belibis kembang saya butuh..?

    BalasHapus
  2. saya mau ketahui cara menternak burung belibis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr.wb,saya IBU TAZYA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada AKI NYALI atas bantuan AKI
      kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI NYALI pula yang telah memberikan
      angka ritual kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya
      cuma bermodalkan uang cuma 100rb dan akhirnya bisa melanjutkan bisnis saya lagi dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg
      ingin seperti saya silahkan HUB AKI di nomor hpnya: 0821-1672-2552 atau >>KLIK DISINI<<
      dan ramalan
      AKI NYALI memang memiliki ramalan GHOIB” yang dijamin 100% tembus 4D 9657

      Hapus
  3. Buat Para Pecinta Togel Anda Sering Kala Dalam Permainan Judi Togel Jika Anda Mau Merasakan Kemenangan Dan Inging Menghancurkan Berangkas Bandar Silahkan Hub/Sm Ke:0823*3555*7341 Nama ABAH HARUNG Beliau Bisa Memberikang Angka Kemenangang Melalui Ritual Togel Yang Menjanjikan

    Syukur allhamdulillah berkat bantuan angka togel ABAH ARUM yang ABAH berikan sama saya kemaring NUMBER MAGNUM 4D tuk putaran MALAYSIA ternyata tembus 100% dan alhasil saya
    menang sebanyak Rp 210 juta dalam 7 bandar togel yang ada di sini ABAH dan insya allah besok saya akan transanper uang sebanyak 35 juta ke nomor rekening ABAH sebagai tanda ucapan terima kasih saya sama ABAH karna bantuan ANGKA TOGEL ABAH saya bisa melunasih semua hutang-hutang istri saya di RENTENIR letaknya di
    kampung saya ABAH di WONOSOBO dan allhamdulillah juga ABAH saya sudah punya modal untuk membiayai ke 2 anak saya tuk lanjutkan kulianya yang sudah 2 tahun menganggur karna keterbatasan masalah ekonomi,sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak ABAH tas bantuannya sama saya,jadi kalau anda ke pengen sukses sama seperti saya silakan hubungi ABAH ARUM di nomber 082 33 555 7341
    ATAU KLIK DISINI
    ingat tampah berusaha kita tidak akan mendapatkan hasilnya,terima kasih.

    BalasHapus
  4. Oh iya benar, telurnya di antara rerumputan. Tapi saya lihat kok telurnya kecil seperti ayam kampung. Yang saya mau tanyakan juga apakah benar ini burung belibis ?

    BalasHapus

Silahkan Berikan Kritik dan Saran Anda

Download MP3

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

"Just For Fun with BioHunter And Primbon"